Latar Belakang

Latar Belakang Dibentuknya IFL Lampung

Lampung adalah provinsi yang menjadi sebuah pintu gerbang Sumatera dan pernah menjadi tujuan imigrasi suku Jawa dan Bali oleh pemerintah Indonesia.  Kondisi Lampung yang pluralis  dengan kemudahan akses ini  memicu fakor destruktif (faktor perusak) di kalangan pemuda Lampung. Faktor destruktif bagi generasi muda yang rentan terjadi di Lampung antara lain seperti narkoba, pernikahan dini, dan konflik antar suku. Pada bulan Oktober 2012 terjadi konflik besar antara suku Lampung dan Bali di Lampung Selatan. Diringi konflik berikutnya antara suku Lampung dan Jawa di Lampung Tengah pada bulan November 2012. Sayangnya, banyak pemuda yang turut serta dalam konflik-konflik tersebut.

Lampung ditetapkan sebagai provinsi yang memiliki angka putus sekolah tertinggi dan dengan APK terendah. Hasil kajian akademisi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) menunjukkan, APK anak usia SMA di Lampung tahun 2010-2011 hanya 58,04 persen. Artinya, terdapat 41,96 persen anak usia SMA yang tidak bersekolah. Lebih memprihatinkan, karena angka APK Lampung ini merupakan yang terendah dari 33 provinsi se-Indonesia. Semua faktor ini ada di masyarakat dan selalu berkembang menjangkiti setiap pemuda yang tidak memproteksi dirinya dengan kuat atau yang tidak menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang positif.

Hal inilah yang mendasari diri kami (Fonders) sebagai pemuda-pemudi Lampung untuk mendirikan Indonesian Future Leaders Lampung sebagai wadah untuk melakukan kegiatan positif yang bermanfaat untuk membangun Lampung dan mengalihkan perhatian pemuda Lampung dari hal-hal yang bersifat destruktif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s