Parlemen Muda 2013

Persyaratan Umum

  1. Pemuda berusia 15-28 tahun yang berdomisili di Lampung
  2. Mampu dan bersedia menjadi volunteer pada saat acara dilangsungkan
  3. Bersedia mengikuti wawancara yang ditetapkan (via telpon)
  4. Bersedia mengikuti Capacity Building
  5. Dapat menjalankan dan memenuhi tugas serta kewajibannya sebagai volunteer pada saat acara berlangsung.
  6. Mengisi formulir pendaftaran volunteer Parlemen Muda dan mengirim formulir yang telah diisi ke iflchapterlampung@yahoo.com . Batas pengiriman terakhir adalah tanggal 28 Agustus 2013 pukul 12.00 WIB. Formulir dapat diunduh/ download di link ini : FORMULIR VOLUNTEER PARLEMEN MUDA


Formulir
Deadline  Pengiriman Formulir Rabu, 28 Agustus 2013 pukul 12.00 WIB


Pengumuman

Pengumuman 10 volunteer akan dilaksanakan pada hari Rabu, 28 Agustus 2013 pukul 18.00 WIB. Pembagian tugas 10 volunteer juga akan diberikan pada saat pengumuman.

Jika memiliki pertanyaan lebih lanjut, bisa menghubungi staff Human Resources IFL Chapter Lampung,
T. Jessica Hermanto 
No. HP +6281929974189
E-mail Jessicahermanto@ymail.com

ROADSHOW PARLEMEN MUDA LAMPUNG 2013

AUGUST 13, 2013 5:29 AM / LEAVE A COMMENT / EDIT


Link Video Parlemen Muda Tahun 2012

http://www.youtube.com/watch?v=j2i_CcSNezU

APA ITU PARLEMEN MUDA?

Parlemen Muda (Youth Parliament Indonesia) merupakan sidang parlemen bagi pemuda di Indonesia. Tidak hanya mempertemukan 33-66 pemuda dari seluruh Indonesia sebagai perwakilan terpilih,  Parlemen Muda memfasilitasi konferensi tahunan supaya mereka dapat saling bertukar pikiran mengenai isu-isu penting. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pemberdayaan pemuda dan sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemuda dalam politik, terutama dalam proses pembentukan kebijakan. Menyadari bahwa Parlemen Muda harus menerapkan proses demokrasi yang ideal melalui kampanye dan pemilihan.

Regenerasi merupakan langkah paling penting dalam proses pembangunan nasional. Masa depan sebuah negara tergantung kesuksesan proses regenerasi yang melahirkan pemuda sebagai pemimpin masa depan. Hal tersebut membutuhkan peningkatan partisipasi para pemuda dalam kegiatan politik. Partisipasi aktif dalam isu-isu penting akan meningkatkan kesadaran politik para pemuda dan mempersiapkan mereka dengan kemampuan untuk mengembangkan kepemimpinan yang lebih baik. Hal tersebut juga melengkapi kematangan para pemuda dalam partisipasi kegiatan politik melalui pengalaman dalam membuat kebijakan, yang merupakan kualitas penting bagi pemimpin masa depan. Maka dari itu, peningkatan partisipasi para pemuda dalam kegiatan politik sangat dibutuhkan untuk menjamin keberlangsungan proses pembangunan nasional. Kami menyadari bahwa proses pembentukan kebijakan yang menyangkut masalah-masalah pemuda, seringkali mengabaikan suara dari para pemuda itu sendiri. Karena itulah kami akan menyediakan proses pembentukan kebijakan menyeluruh, dimana suara dari para pemuda dalam negeri dapat didengar melalui perwakilan yang mereka percaya dan mereka pilih sendiri.

Visi   :
Pembangunan nasional melalui investasi kaum pemuda.

Misi  :

  1. Meningkatkan partisipasi pemuda dalam kegiatan politik nasional
  2. Meningkatkan kesadaran pemuda mengenai isu-isu penting
  3. Mempersiapkan pemuda dengan kualitas kepemimpinan terbaik
  4. Mengemukakan pikiran dan ide-ide pemuda mengenai isu-isu politik.

 Image

Roadshow Parlemen Muda Lampung merupakan rangkaian Roadshow Parlemen Muda Indonesia, dimana Indonesian Future Leaders Chapter Lampung bertugas sebagai Local Partner.

 

Hasil yang diharapkan untuk roadshow Parlemen Muda Lampung:

  1. Peningkatan kesadaran para pemuda Lampung dalam isu-isu penting yang berhubungan dengan anak muda sendiri, juga peningkatan partisipasi dalam kegiatan politik; Untuk Roadshow Parlemen Muda di Lampung topik yang diangkat adalah “Pembangunan Daerah yang Tertinggal”
  2. Rekomendasi dari para pemuda, terutama dalam isu yang akan dibahas mengenai “Pembangunan Daerah Tertinggal”
  3. Pembentukan parlemen muda kecil di Lampung akan menjadi media untuk para pemuda menyampaikan ide dan pendapat mereka dalam proses pembentukan kebijakan, juga menyediakan mekanisme check and balance dalam proses pembuatan peraturan di Lampung.
  4. Kolaborasi proyek nasional dan lokal pada isu-isu yang berhubungan dengan sidang.


PESERTA

Roadshow Parlemen Muda Indonesia bertujuan menjaring kurang lebih 200 pemuda Lampung (Umum Juga bisa berpartisipasi). Peserta harus melakukan registrasi dengan cara:
KETIK : [Nama] [Universitas/SMA/Institusi] [Nomor HP] [E-mail] [Umur]
KIRIM ke:
* Emi 085788937885
* Hanna 085789945593 & 08980794592

LOCAL PARTNER ROADSHOW PARLEMEN MUDA LAMPUNG
Image

FASILITAS YANG DIBERIKAN KEPADA 200 PESERTA

Biaya Registrasi GRATIS. Panitia tidak menyiapkan Lunch bagi peserta, namun menyiapkan Free Snack bagi 200 peserta. Peserta juga dapat menyumbangkan buku-buku bekas (pelajaran, cerita rakyat, dongeng, pengetahuan umum, pengetahuan sains, dll) untuk pembangungan Perpustakaan Desa Jati Agung, Lampung Selatan pada hari pelaksanaan Roadshow Parlemen Muda di Lampung 3 September 2013. Kami akan memberikan stiker kepada setiap penyumbang buku-buku bekas.

update

PROFILE PEMBICARA ROADSHOW PARLEMEN MUDA LAMPUNG

FAISAL BASRI

Nama Lengkap     : Faisal Basri

Alias                       : Faisal Batubara

Tempat Lahir         : Bandung, Jawa Barat

Tanggal Lahir         : Jumat, 6 November 1959

Warga Negara       : Indonesia

Faisal Batubara atau yang lebih dikenal dengan nama Faisal Basri adalah seorang ekonom dan politikus asal Indonesia. Faisal Basri lahir di Bandung tanggal 6 November 1959. Nama belakangnya, Basri diambil dari nama ayahnya, Hasan Basri Batubara, sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada ayahnya. Pria berdarah Batak yang juga merupakan salah seorang keponakan dari mendiang Wakil Presiden RI Adam Malik ini turut menjadi salah satu pendiri Mara (Majelis Amanah Rakyat) yang nantinya akan berkembang menjadi Partai Amanat Nasional hingga akhirnya dia dipercaya menjadi Sekretaris Jenderal yang pertama dan pasca Kongres I di Yogyakarta dipercayakan sebagai salah satu Ketua.

Dia juga menjadi pendiri beberapa organisasi nirlaba lainnya seperti Yayasan Harkat Bangsa, Global Rescue Network, dan Yayasan Pencerahan Indonesia. Sejak mahasiswa, Faisal sudah aktif di berbagai organisasi. Dia masuk di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia pada tahun 1978 tatkala kampus sedang bergejolak. Gejolak politik membawanya kian larut dalam berbagai gerakan organisasi. Setelah menyelesaikan studinya di sana, Faisal kemudian diangkat menjadi dosen mata kuliah baru yakni Ekonomi Politik yang baru diperkenalkan di FEUI pada akhir 1980-an. Pada tahun 2000, Faisal ditunjuk untuk menjadi anggota Tim Asistensi Ekonomi Presiden RI.

Setelah mundur dari PAN pada awal 2001, dia tetap aktif dalam kehidupan politik. Faisal mendirikan organisasi politik Pergerakan Indonesia (PI) dan menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional sejak Kongres I tahun 2004 sampai 2010. Kini ia dipercaya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Nasional. Pada Oktober 2011, Faisal Basri menggandeng Biem Benyamin, putra tokoh legendaris Betawi Benyamin Sueb dan sepakat untuk tetap berjuang di jalur independen dalam pencalonan Gubernur DKI dalam pemilukada 2012, kalaupun di perjalanan ada partai politik yang meminang salah satu atau keduanya, tawaran tersebut akan mereka tolak.

Riset dan Analisa: Fathimatuz Zahroh

PENDIDIKAN
  • Sarjana Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI), Jakarta (1985)
  • Master of Arts (M.A.) dalam bidang Ekonomi, Vanderbilt University, USA (1988)
KARIR
  • Anggota American Economist Association (AEA)
  • Anggota Society for International Development (SID)
  • Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN)
  • Penggagas dan Ketua Presidium Nasional Pergerakan Indonesia (PI) tahun 2003-2005
  • Ketua Dewan Pimpinan Nasional (Agustus 2005-sekarang)
  • Deklarator Gerakan Kepatutan dideklarasikan di Yogyakarta, 4 Desember 2004
PENGHARGAAN
  • Dosen Teladan III Universitas Indonesia (1996)
  • Penghargaan “Pejuang Anti Korupsi 2003,” diberikan oleh Masyarakat Profesional Madani (MPM), Gedung Joang 45, Jakarta, 15 Januari 2004
  • “FEUI Award 2005″ untuk kategori prestasi, komitmen dan dedikasi dalam bidang sosial kemasyarakatan, Depok, 17 September 2005

Sumber: http://profil.merdeka.com/indonesia/f/faisal-basri/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s