Pendiri

ifl lampung oy

Sunday, May 19, 2013, Bandar Lampung, Sumatera

Hetty Sarinah Samosir

hettyHetty Sarinah Samosir dilahirkan di kota kecil pesisir Kalianda, Lampung Selatan pada 25 Agustus   1991. Ia memiliki talenta di bidang melukis dan menulis. Kemudian meninggalkan Kalianda untuk melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 9 Bandar Lampung dan pernah menjadi duta PMR dalam Jambore UKS Nasional di Malang, Jawa timur. Ia sedang menyelesaikan Pendidikan S1, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung.

Ketertarikannya pada  bidang pendidikan dan kegiatan sosial sudah tumbuh sejak kecil. Ketika berusia dua belas tahun, bersama teman-teman lingkungan rumahnya di Kalianda mengumpulkan buku-buku dan membuat perpustakaan kecil. Pada bulan April 2012, Hetty mendirikan komunitas terdiri dari puluhan sukarelawan baik dari Indonesia mauapun mancanegara yang mengajar anak-anak nelayan di pesisir Umbul Asem, Bandar Lampung. Ia begitu dicintai oleh anak-anak nelayan yang diajarnya.  Prinsip yang Ia pegang adalah “Think globally, do locally”.Pada bulan Januari sampai Februari, Hetty mendapat kesempatan untuk mengikuti program Study in the U.S. Institute on Pluralism and The US Democracy di Temple University, Pennsylvania, Amerika Serikat dan mengunjungi White House, Washington DC serta tempat-tempat penting pemerintahan Amerika lainnya. Pada bulan yang sama juga mendapatkan beasiswa Amicale Franco-Indonesienne de Montpellier, France dari PPI Prancis. Setelah menyelesaikan studi S1, Ia berencana melanjutkan S2 di The University of Virgina (UVA) Amerika Serikat majoring Master Teaching of Physics. Cita-citanya ialah ingin bekerja di UNICEF  dan banyak membantu anak-anak di dunia. Ketertarikannya dengan kegiatan sosial yang memberdayakan masyarakat ini, mendasarinya untuk menjadi President Indonesian Future Leaders Chapter Lampung.

 Nouvindri Adji

novinNouvindri Adji , pria yang biasa disapa Adji ini lahir pada 13 November 1992, ketertarikanya dalam Bidang Hukum dan Bahasa Inggris tidak lain dipengaruhi oleh latar belakang keluarganya di bidang hukum, namun Ia sangat menyukai tantangan untuk itu ia mengambil jurusan hukum internasional di Universitas Lampung. Adji tergabung dalam beberapa organisasi di bidang akademik dan non-akademik, dia dipercaya sebagai Head of Human Resources Development di UKM-U English Society Unila serta board di beberapa organisasi lainya. Selain sebagai aktivis mahasiswa Adji juga tidak meninggalkan hobinya dalam musik, dia aktif sebagai pemain gitar di salah satu rock band. Selain menjadi pemain band, Adji juga aktif mengikuti berbagai perlombaan Debat Parlemen dan juga di Model United Nations.

Dia yakin hobinya tersebut akan sangat menunjang untuk menjadi seorang Diplomat nantinya, Ia telah mendapatkan berbagai macam beasiswa dan mendapat dua kali kesempatan untuk mengikuti program fellowship di Hongkong University dan Taiwan.   Pada bulan Juni 2013, Adji mengikuti program SUSI on New Media and Journalism 2013 di Ball State University, Indiana, Amerika Serikat.

Pengalamanya menjadi volunteer dibuktikan dengan kegiatanya secara rutin mengajar anak-anak di daerah pesisir. Mimpinya adalah untuk menjadi Inspirasi bagi orang lain dan membawa nama baik bangsa di kancah Internasional. Baginya adalah prestasi tanpa diiringi dengan pengabdian pada negara adalah suatu penghianatan. Untuk itu peran anak muda sebagai Agent of Change sangat dibutuhkan untuk menginspirasi orang lain agar dapat melakukan hal-hal positif. Adji dipercaya menjadi Vice President of IFL Chapter Lampung. Indonesia Future Leaders adalah wadah yang tepat untuk menyalurkan potensi pemuda Lampung untuk beraksi lebih nyata dan progresif untuk kemajuan Lampung.

Rio Sanjaya

rioSalah satu pendiri IFL chapter Lampung yang memegang kendali di bidang Funding dan Kreatif ini adalah seorang mahasiswa semester 6 yang sedang mengambil Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung angkatan 2010. Karir Organisasinya dimulai pada tahun 2010, ia memulai pengalaman organisasi dengan bergabung dengan English Society (ESO) Universitas Lampung. Ia memulai karir organisasi dengan prestasi yang sangat baik yakni menjadi anggota muda terbaik ESO 2010 dan tidak butuh waktu lama baginya untuk dipromosikan menjadi Kepala Divisi Financial Support and Creativity pada tahun 2011. Dia juga mendapat banyak prestasi dan sering berpartisipasi dalam ajang kompetisi Bahasa Inggris, Seminar, dan Pelatihan. Dia sering menghadiri Seminar Pengajaran Bahasa Inggris dan Seminar Linguistik yang memang minatnya dalam bidang akademik dan berpartisipasi dalam karya-karya sosial, konferensi remaja, dan Pelatihan mengajar. Pengalamannya bergabung di kompetisi Bahasa Inggris seperti IDEA Debat Palembang 2011, Indonesia Varsities English Debate (IVED) 2012, dan juga Asia English Olympics (AEO), dan menghadiri Indonesia Model United Nation 2012 serta bergabung didalam Youth Educators Regional Training (YERT) 2012. Pengalamannya dibidang mengorganisir acara adalah dengan mengadakan acara nasional seperti Nationwide E-Fest 2011 dan 2012,pelatihan TOEFL dan Orientasi Beasiswa Luar Negeri, dan juga Lampung Overland Various English Competition 2011 dan 2012. Pengalamannya selama ini telah mengembangkan keterampilan public speaking, kemampuan kepemimpinan, keterampilan mengajar, keterampilan organisasi, dan keterampilan diplomasinya ke tingkat tertinggi. Dia sering diundang untuk menjadi pembicara di beberapa seminar pengajaran. Dia menjadi moderator dalam MUN Goes to Lampung tahun 2012. Pengalaman dia di bidang sosial dan volunteer dimulai sejak setahun yang lalu ketika ia bergabung dengan rekan-rekannya untuk mendata dan melakukan sosialisasi serta penyuluhan kesehatan kepada warga yang kurang mampu di kelurahan Pidada, Panjang serta mengajar anak-anak pesisir di daerah Teluk Betung.

Desi Setianingrum

desiDesi Setianingrum dikenal dengan panggilan akrab Desi/Deset adalah anak pertama (kembar) dari tiga bersaudara, yang dilahirkan pada tanggal 20 Oktober 1991 di Bandar lampung. Ia sedang menyelesaikan studinya di Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Lampung. Sejak kecil, Desi merupakan anak yang tekun dan mau bekerja keras dalam belajar, Ia memiliki passion di bidang bahasa, Ia sangat menyukai kegiatannya dalam memberikan pelajaran tambahan bahasa Inggris kepada anak-anak di daerah tempat tinggalnya.

Desi aktif dalam organisasi internal maupun eksternal. Dalam lingkungan internal kampus Ia dikenal sebagai mahasiswa yang aktif dalam organisasi yang bergerak dibidang bahasa inggris, juga aktif melatih secara voluntary mahasiswa dan siswa SMA dalam bidang kompetisi bahasa Inggris. Ia  melaksanakan kegiatan sosialnya dalam bidang pendidikan dengan mengajar anak-anak nelayan di Desa Umbul Asem, Teluk Betung Bandar Lampung dan membuka voluntary-teaching di rumahnya yang digerakkan oleh keinginan hatinya untuk membangun daerahnya.

Aries Munandar

AriesAries Munandar Sofyan, dilahirkan pada hari Pahlawan 10 November. Ia saat ini sedang menjalani pendidikan S1 di Jurusan Hubungan Internasional. Aktif di organisasi semenjak duduk di sekolah menengah pertama. Aries yang memiliki passion di bidang education dan art culture  pernah menjadi delegasi undangan Parlemen Muda Indonesia,

Ia juga pernah delegasi Asia Pasifik Internasional Model United Nations di Bangkok, Thailand. Waktu SMA pernah menjadi Sekretaris Umum Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kab. Lampung Utara dan bulan April ini adalah periode akhirnya sebagai Ketua Umum di Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Aris dengan kecintaannya terhadap seni dan budaya Lampung waktu SMA mendirikan Komunitas Nuwo Tapis yang bergerak di bidang pelestarian seni dan budaya Lampung. Mahasiswa semester empat ini pada bulan Februari 2013 dinobatkan sebagai Mekhanai Intelegensia di pemilihan Muli Mekhanai Tulang Bawang. Saat ini aktif di himpunan jurusan Hubungan Intersional dan pendiri Lampung Youth Actions (LYA).

Prisca Oktaviani Samosir

priscaPrisca Oktaviani Samosir yang kerap dipanggil Prisca dilahirkan pada tanggal 5 Oktober 1993 di Kalianda dimana daerah tersebut merupakan daerah pesisir yang sangat dekat dengan laut dan terdapat banyak masyarakat nelayan.

Sejak SD Prisca aktif dalam organisasi Pramuka, ketika duduk di SMA Prisca aktif dalam organisasi Smart Club dan mulai melibatkan diri dalam kegiatan sosial yang dibentuknya sendiri fokus dalam bidang pendidikan dengan mengajar anak-anak di sekitar rumahnya.

Setelah lulus dari SMA Negeri 1 Kalianda, Prisca meninggalkan Kabupaten Kalianda untuk menempuh pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Lampung Tahun Angkatan 2011. Prisca berhasil memperoleh piagam pernghargaan dari kampusnya sebagai mahasiswa berprestasi terbaik II dengan IPK rata-rata 3, 94 TA. 2011/2012 pada Fakultas Hukum Universitas Lampung yang diberikan oleh Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Lampung Prof. Dr. I Gede AB. Wiranata, S.H., M.H.

Prisca aktif dalam organisasi internal maupun eksternal serta aktif dalam beberapa komunitas mahasiswa antara lain Pusat Studi Bantuan Hukum (PSBH), Bibit Bangsa Anti Korupsi, Komunitas Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Lampung. Tak hanya itu Prisca juga menjadi volunteer di Lembaga Bantuan Hukum Bandar Lampung divisi Ekonomi, Sosial dan Budaya dan tetap melaksanakan kegiatan sosialnya dalam bidang pendidikan dengan mengajar anak-anak nelayan di Desa Umbul Asem, Teluk Betung Bandar Lampung.

Candra Cahya Gani

chandraMahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lampung ini lahir pada tanggal 28 Agustus di Desa Keputran. Pengalaman organisasinya dimulai sejak bangku Sekolah Dasar dengan mengetuai Dokter Kecil dan Gugus Depan Pramuka.Selanjutnya Ia pernah menjadi wakil redaksi mading SMPN 1 Pringsewu. Di SMA, Ia mengaktualisasikan dirinya dengan memimpin ekskul UKS dan English Club, kreatifitasnya bersama teman-teman yang lain melahirkan Project English Club Competitions yang menyebarkan semangat belajar bahasa Inggris di Kabupaten Tanggamus.

Masa-masa di kampus menjadi masa petualangan yang indah, Ia pernah tergabung di Lembaga Dakwah Kampus Fakultas, BEM, DPM, dan MPM Universitas Lampung. Pengalamannya di EC membawanya tergabung dalam UKM-U English Society yang mengarahkan pada pengalaman baru untuk menjadi Head Project Officer ESo-Festival 2009. Di luar kampus Ia tergabung di Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia sebagai Sekertaris Departemen Sosial Masyarakat, Pengurus Daerah Lampung, yang sedang menjalankan program Pemuda Bangun Desa. Setelah menjadi penanggung jawab Diskusi Pemuda dari Menpora pada peringatan hari Sumpah Pemuda di Lampung, Ia membentuk komunitas kreatif bersama teman-temanya yang bernama Bandar Lampung Creative Network. Sesekali Ia juga terlibat untuk menjadi relawan mengajar anak-anak di daerah pinggiran bersama teman-teman dari Lampung Cerdas dan Komunitas Peduli Anak Lampung.

Prestasi yang pernah diraihnya adalah, Runner Up 1 Pelajar Teladan Lampung 2007, Juara 1 Debat Bahasa Inggris EIA se-Sumatera Bagian Selatan 2008, dan Delegasi Terbaik Parlemen Muda Indonesia 2012. Motto hidup yang menjadi penyemangat adalah “Do the best, and God will cover the rest!

Trihana Pratiwi

hanaPratiwi dilahirkan pada 23 November 1993, biasa dipanggil Hana adalah salah seorang mahasisiwi angkatan 2011 di Jurusan Ilmu Komunikasi  FISIP Universitas Lampung, yang sekarang sedang asik menikmati kehidupan kampus. Ikut dalam kegiatan organisasi telah Ia lakoni semenjak SMP dan SMA, Ia aktif di Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Palang Merah Remaja (PMR) yang Ia tekuni selama Ia duduk di bangku sekolah. Banyak keyakinan yang telah Ia dapatkan selama terlibat dalam organisasi, salah satunya menjadi relawan tanggap bencana gempa dan banjir yang diadakan oleh PMI Daerah lampung. Sampai sekarang Ia pun masih aktif dengan kegiatan-kegiatan Organisasi baik internal kampus maupun eksternal kampus.

 

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s