Latar Belakang SPS 2014

Sumatera Peace Summit

Latar Belakang

Sumatera, salah satu pulau terbesar di Indonesia. Mari kita kenal lebih dalam!

Sumatera merupakan pulau yang terdiri dari berbagai suku di Indonesia. Beberapa suku asli yang mendiami Pulau Sumateradi antaranya adalah suku Aceh, Batak, Melayu, Padang, Kubu, Ogan, Palembang, Bengkulu, dan Lampung. Selain itu, Sumatra juga terdiri dari berbagai suku pendatang seperti suku Jawa, Bali, Cina, Madura, dan suku lainnya. Sumatera pada zaman dahulu merupakan tujuan imigrasi utama yang ditetapkan pemerintah, keputusan tersebut menyebabkan banyaknya pendatang yang datang ke Sumatera.

Apa kabar Sumatera?

Adanya mayoritas suku pendatang yang bermukim di salah satu daerah Sumatera, yakni Lampung, menyebabkan cerita pahit beberapa waktu lalu. Konflik pernah terjadi. Pada Oktober 2012, salah satu konflik terbesar terjadi antara suku Lampung dan Bali, kemudian dilanjutkan dengan konflik antara suku Lampung dan Jawa di daerah Lampung Tengah. Dalam konflik tersebut ada banyak pemuda yang turut serta dalam konflik.

Sumatera Peace Summit merupakan ajakan berdamai

Berdasarkan latar belakang diatas kami Indonesian Future Leaders Chapter Lampung ingin mempromosikan dan mendidik pemuda untuk sadar mengenai nilai dan manfaat dari  perdamaian melalui “Sumatera Peace Summit”.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun pemahaman yang sama antarpemuda dengan latar belakang yang berbeda dan untuk membangun toleransi diantara para pemuda yang terdiri atas siswa SMA dan mahasiswa disetiap Provinsi di Sumatera. Dirancang dan digerakkan oleh Indonesian Future Leaders Chapter Lampung, organisasi kepemudaan yang bergerak di bidang pemberdayaan pemuda membuat kami percaya bahwa Sumatera Peace Summit dapat menggerakkan pemuda-pemuda yang tidak hanya berbakat secara leadership, tetapi juga memiliki tingkat kesadaran yang tinggi dalam menyebarkan nilai-nilai toleransi dan perdamaian.

Visi & Misi

Visi

  1. Untuk menginspirasi generasi muda dan masyarakat akan pentingnya kerja sama dan berbagi antarasatu sama lain.
  2.  Untuk mempromosikan toleransi, saling pengertian, dan kerjasama di kalangan generasi muda dalam masalah antaragama dan antarsuku.
  3. Untuk membekali para peserta dengan dialog dasar dan keterampilan resolusi konflik.
  4. Untuk mempromosikan anti-kekerasan dengan tujuan menyelesaikan konflik, dengan menggunakan seni sebagai media untuk mengekspresikan pikiran dan ide-ide melalui kegiatan Essay Writting Competition dan Poster Making Competition.
  5. Untuk meningkatkan semangat “Bhinneka Tunggal Ika” atau nasionalisme sebagai pemersatu dari seluruh rakyat Indonesia.

Misi

ü  Peserta dilengkapi dengan pengetahuan yang mendalam dialog dan resolusi konflik

ü   Adanya  peningkatan pemahaman akan  toleransi di kalangan pemuda

ü  Ada jaringan baru yang akan bekerja untuk program Lampung Peace Summit di masa depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s